BAMPI, Aksi nyata mahasiswa Peternakan Indonesia!

Pada bulan Ramadhan lalu, fenomena naiknya harga pangan khususnya daging melanda seluruh Indonesia. Pemerintah selaku pembuat kebijakan pun mengeluarkan kebijakan untuk mengimpor daging sebanyak 80.000 ton untuk menjaga stabilitas harga dipasar. Melihat kebijakan tersebut tentu akan berdampak buruk bagi peternakan rakyat. Harga daging lokal akan lebih mahal dibandingkan daging impor. Itulah yang menjadi latar belakar Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) bersama BEM Fakultas Peternakan UNPAD mengadakan kegiatan Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia (BAMPI). Kegiatan BAMPI berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya peternak. Adapun kegiatan yang dilaksanakan ini meliputi pembuatan pakan fermentasi untuk sapi, inseminasi buatan pada domba, penanaman rumput unggul, dan pembuatan nugget bagi para ibu-ibu PKK. Kegiatan ini pun dihadiri Pembantu Dekan III Fakultas Peternakan Unpad, Hafidz Ilman Albana selaku Koordinator ISMAPETI Wilayah II, dan Suryana selaku Ketua BEM Fakultas Peternakan Unpad. Turut hadir pula mahasiswa dari IPB, UNPAD, dan UNMA yang masuk kedalam organisasi ISMAPETI Wilayah II Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kadakjaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang ini mendapat antusian yang tinggi dari warga. Proses pembuatan pakan fermentasi dinilai penting karena untuk meningkatkan bobot badan sapi. Melihat potensi sumber daya alam yang melimpah di daerah tersebut namun belum ada teknologi menjadi dasar dalam pembuatan pakan fermentasi. Warga menyimak dengan seksama ketika materi pembuatan pakan sedang disampaikan oleh dosen Fakultas Peternakan Unpad. Sama halnya dengan kegiatan inseminasi buatan pada ternak domba dan penanaman rumput unggul. Antusias warga tidak pernah pudar. Pelatihan inseminasi buatan pada ternak domba dilakukan karena mayoritas komoditas ternak adalah domba. Hampir setiap kepala keluarga memiliki domba dan setiap bulannya selalu diadakan kontes adu tangkas domba garut. Masih banyaknya lahan yang belum dimanfaatkan menjadi dasar dalam kegiatan penanaman rumput unggul. Rumput tersebut akan digunakan sebagai pakan ternak ketika sudah panen. Warga pun menyimak dengan baik ketika dosen Fakultas Peternakan Unpad menjelaskan proses penanaman rumput yang baik.

Kegiatan BAMPI yang bertepatan dengan pesta rakyat memperingati HUT-RI ke 68 di desa tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan demo pembuatan nugget. Ibu-ibu yang menjadi target sasaran berkumpul dan mengelilingi meja yang menyediakan bahan-bahan dalam pembuatan nugget. Ibu-ibu pun merasa senang ketika diakhir demo tersebut dibagikan nugget. Sebelumnya ibu-ibu tersebut tidak mengetahui cara pembuatan nugget, dan setelah dilakukan demo tersebut sebuah harapan jika ibu-ibu mengembangkan nugget tersebut dan menjadi usaha sampingan dan makanan khas daerah tersebut.

Kemeriahan pesta rakyat tersebut diisi dengan kegiatan berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba pecah balon, makan kerupuk, sepak bola, dan panjat pinang. Mahasiswa pun ikut serta dalam kegiatan untuk memeriahkan pesta rakyat tersebut. Kepala Desa Kadakjaya pun mengucapkan sangat berterimakasih kepada ISMAPETI dan BEM Fapet Unpad. Informasi yang diberikan kepada masyarakat akan sangat bermanfaat. Kepala Desa pun berharap agar kegiatan ini terus dilanjutkan karena akan sangat membantu masyarakat.

Hafidz Ilman Albana

Koordinator Wilayah II ISMAPETI

Mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s