“Songsong 3 Dekade ISMAPETI Membangun Peternakan Negeri”

“Songsong 3 Dekade ISMAPETI Membangun Peternakan Negeri”

           Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia sukses mengadakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XII ISMAPETI di Universitas Hasanuddin Makassar. Rakernas ISMAPETI kali ini mengangkat tema, “Songsong 3 Dekade ISMAPETI Membangun Peternakan Negeri”. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Pengurus Besar Ismapeti yang baru terpilih dalam menentukan langkah gerak Ismapeti selama satu periode kepengurusan (2 tahun).

Seluruh institusi (44 institusi) yang tergabung dalam keanggotaan Ismapeti diundang untuk hadir dalam kegiatan Rakernas XII Ismapeti. Peserta undangan (delegasi institusi) tiba di Makassar sejak tanggal 29 maret 2013. Setiap delegasi menetap di Asrama Mahasiswa (RAMSIS) Universitas Hasanuddin selama rangkaian kegiatan berlangsung. Rangkaian Rakernas XII Ismapeti berlangsung dari hari Jum’at (29/3) hingga Senin (1/4). Selain Rapat Kerja Nasional, kegiatan ini memiliki rangkaian kegiatan lain yaitu Seminar Nasional, Focus Group Discussion (5 wilayah), Sharing bersama alumni Ismapeti, dan kampanye gizi.

“Reposisi paradigma impor daging dan peternakan rakyat menuju swasembada daging nasonal”, merupakan tema seminar nasional yang dilaksanakan pada tanggal 30 maret 2013 di auditorium Prof Amiruddin. Seminar nasional ini dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan UNHAS (Prof. Dr. Ir. Syamsuddin Hasan, M. Sc) yang sekaligus membuka rangkaian kegiatan RAKERNAS XII ISMAPETI. Seminar nasional ini mendatangkan pembicara dari pihak kementerian pertanian (Ir. Abu Bakar, SE. MM), akademisi (Prof. Dr. Ir. Jasmal A Syamsu, M. Si), dan juga Kepala Divisi Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan (Ir.H.Murtala Ali, MS) sebagai keynote speaker.

Seminar Nasional diawali dengan penandatangan kontrak komitmen antara 5 elemen terkait Program Percepatan Swasembada Daging 2014. Penandatangan di lakukan oleh pihak pemerintah (Kementerian Pertanian RI dan Dinas Peternakan dan Keswan SULSEL), akademisi (Dosen Fakultas Peternakan UNHAS), praktisi, peternak, dan mahasiswa (Ketua Umum PB ISMAPETI). Kontrak komitmen ini merupakan rekomendasi PB ISMAPETI dan diharapkan mampu mengajak semua elemen agar dapat bersama sama dalam menyukseskan program swasembada daging 2014.

Materi seminar dibuka oleh keynote speaker yang memaparkan tentang keadaan peternakan di Sulawesi Selatan. Beliau juga menyebutkan bahwa Sulawesi Selatan merupakan daerah yang sangat menolak akan adanya impor daging. Sulawesi Selatan sedang menggalakkan program 2 juta sapi dan kerbau 2018 dengan visi, “Mewujudkan Sulawesi Selatan sebagai penyedia ternak potong dan bibit”. Pemateri dari Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa Reposisi Paradigma tentang impor daging dan peternakanrakyat menuju swasembada daging berarti ada yangkurang tepat mengenai impor daging sapi, sehinggadiperlukan paradigma baru untuk menempatkan para peternakpada tempatnya semula atau tempat yang baru untukmemproduksi daging sapi dalam jumlah yang cukup,sehingga pendapatan dan kesejahteraannya meningkat. Masalah yang dihadapi saat ini berasal dari tiga sisi, supply, demand, dan distribusi. Permasalahan ini harus diselesaikan dari hulu sampai ke hilir.

Hari ketiga (31/3) dilaksanakan Rapat Kerja Nasional di aula RAMSIS yang diikuti oleh Pengurus Besar, Pengurus Wilayah, dan perwakilan dari tiap institusi. Rapat dimulai sejak pagi hingga pagi keesokan harinya (1/4). Rapat kerja nasional membahas tentang arah gerak dan langkah apa saja yang akan diambil oleh Pengurus Besar dalam menjalankan tugasnya selama dua tahun ke depan.

Pengurus wilayah dan setiap institusi juga ikut andil dalam menyampaikan usulan program yang kepada Pengurus Besar ISMAPETI. Hasil dari Rakernas XII ISMAPETI yaitu ada beberapa kegiatan Nasional yang akan dilaksanakan dan ditawarkan ke setiap institusi untuk dapat menyelenggarakannya.

Penawaran pengambilan kegiatan dilakukan dengan cara Open Tender.

– BAMPI (Bakti Amal Mahasiswa Peternakan Indonesia) akan dilaksanakan di Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)

– TIMPI (Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia) akan dilaksanakan di Universitas Bengkulu (UNIB)

– DIES NATALIS ISMAPETI akan dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

– MUNAS (Musyawarah Nasional) XIII ISMAPETI di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

–  MMD (Mahasiswa Membangun Desa)

–  Silatnas (Silaturrahmi Nasional)

Setelah Rapat Kerja (1/4) dilangsungkan aksi gizi yang merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian Rakernas XII ISMAPETI. Aksi gizi diadakan di pantai losari dengan longmarch sambil menyuarakan tentang pentingnya konsumsi telur dan membagi bagikan telur rebus gratis kepada warga sekitar pantai losari. Rakernas XII ISMAPETI ditutup oleh Wakil Rektor seusai kegiatan kampanye gizi.

Muhammad Jundi Adila

Mahasiswa Fakultas Peternakan

Institut Pertanian Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s