Kunjungan Kerja PB ISMAPETI 2012-2014 ke Wilayah 4

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Harmoni perubahan

Sehubungan dengan rangkaian kegiatan roadshow yang dilaksanakan oleh Ketua PB ISMAPETI beserta jajaranya , berikut ini saya sampaikan notulensi kegiatan roadshow yang dilaksanakan di Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Hari/Tanggal :Sabtu 15 Desember 2012

Waktu :13.00 – 19.00 wita

Tempat :Ruang PPAK Fapet Hardys Ramayana Jln. Sesetan no 122 Denpasar.

Acara roadshow oleh Ketua PB ISMAPETI yang dilaksanakan di Fapet UNUD kemarin dihadiri oleh Korwil wilayah 4 saudara Agung, Ketua BEM Fapet UNUD saudara Cok . Bagus beserta wakilnya yaitu saudari Novi, Ketua BPM , saudari Dwi Putri S. dan Fungsionaris BEM serta BPM Fapet UNUD 2012-2013.

Acara yang rencananya dimulai pukul 13.00 wita tersebut terpaksa mengalami kamunduran karena Ketua PB sempat terjebak macet saat diperjalanan. Acara baru bisa dimulai sekitar pukul 16.30 wita. Acara ini dibuka dengan penyampaian visi dan misi ISMAPETI saat ini, disusul dengan presentasi mengenai ISMAPETI serta peran ISMAPETI dalam menyikapi isu-isu di dunia peternakan baik dalam skala lokal, daerah ,nasional maupun internasional. Selain itu beliau juga menyinggung tentang pengangatan potensi peternakan di luar pulau jawa yang luar biasa dan masih belum terjamah . Dalam acara ini beliau juga membahas tentang perlunya SOP kaderisasi.

Pada kesempatan ini ketua PB juga menyampaikan beberapa hal penting terkait fungsi dan tugas PB periode 2012-2014 diataranya yaitu adanya tambahan perangkat Forum Komunikasi Alumni dan Forum Ketua BEM ataupun Ketua HMJ. Selain itu disampaikan pula tentang penambahan beberapa bidang sehingga terbentuklah formasi baru yaitu bidang kaderisasi, tata kelola lembaga, jaringan , kajian dan profesi, administrasi dan keuangan, advokasi dan kesejahteraan, kebijakan public, penyebaran informasi.

Bidang kaderisasi antara lain mencakup beberapa program utama yaitu berjalannya alur dan fungsi LKMM, optimalisasi alur dan fungsi kaderisasi, pembentukan forum jejaring khusus untuk kaderisasi, melek isu nasional , budaya membaca dan menulis , riset dan data mengenai popularitas ISMAPETI.

Bidang tata kelola lembaga membawahi program Forum untuk ketua BEM ataupun ketua HMJ, massifnya forum komunikasi, rapihnya garis instruksi dalam SOP, eksistensi PB di jejaring public, massifnya rapat dan pertemuan PB,Korwil dan MP Nas, Akuntabilitas dan transparansi kerja PB

Bidang jaringan diantaranya mencakup optimalisasi pengelolaan fungsi dan kerja jaringan media, stake holder, jaringan alumni.

Bidang kajian dan profesi antara lain memiliki program menghasilkan produk riset yang obyektif, valid, reliable, dan ilmiah. Mengkaji isu dan kebijakan strategis bahkan jika perlu dibagi coordinator isu untuk per wilayah ataupun institusi. Slain itu melakukan analisis berbasis riset dan keilmuan yang relevan, menerbitkan 2 buku ISMAPETI. Publikasi kajian di seluruh kampus dan media kampus. Mengirimkan draf kajian ke pejabat public.

Bidang administrasi keuangan terdiri dari program optimalisasi fungsi kesekretariatan, inventarisasi serta sumber dan pendapatan keuangan ISMAPETI.

Bidang advokasi dan kesejahteraan juga mencakup beberapa program yaitu adanya advokat peternak rakyat, list isu ,sistem pernyataan sikap,kegiatan bedol desa yang massif dan sustainable.

Bidang kebijakan public membawahi program pengawalan dan pengelolaan isu nasional dan internasional, adanya pengambilan sikap atas kebijakan strategis sesuai data dan riset dan audiensi.

Terakhir yaitu bidang penyebara informasi dengan program optimalisasi peran media ISMAPETI, jaringan formal,optimalisasi SDM dan fungsi desain grafis yang disampaikan ke publik.

Selain hal-hal diatas ada pula beberapa program tambahan seperti WEB, BUMI ( Badan Usaha Milik ISMAPETI), MMD (Mahasiswa Membangun Desa) Roadmap swasembada dan FKB.

Setelah mendengarkan pemaparan dari ketua PB , dibuka pula sesi tanya jawab. Pada kesempatan kali ini Korwil empat menyampaikan beberapa hal terkait kendala dalam hal komunikasi, dimana wilayah empat memiliki jangkauan yang sangat jauh. Selain itu disampaikan pula masalah –masalah internal di wilayah 4 dan penyebar luasan hasil rakernas pada masing-masing daerah ataupun institusi.

Ketua BEM fapet UNUD juga menyampaikan beberapa pertanyaan terkait fungsi kaderisasi yaitu tenteng seperti apa output yang diharapkan dari LKMM, tentang fungsi keuangan yaitu bagaimana pertanggung jawaban dari rencana iuran per institusi, serta terkait MMD apabila diralisasikan pertanggung jawaban riil nya dari korwil ataukah dari BEM.

Sedangkan dari ketua BPM fapet Unud juga bertanya mengenai kerja kongkrit dari staff ahli dan fungsi kerjanya itu seperti apa serta bagaimana peran PB di masing-masing wilayah.Setelah sesi tanya jawab selesai acarapun ditutup oleh ketua PB ISMAPETI.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman PB maupun MP Nas , mohon maaf apabila ada kekurangan, kesalahan ataupun ketidak sempurnaan dari laporan ini karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Septi Trisna

Mahasiswa Fakultas Peternakan

Universitas Udayana-Bali

2 pemikiran pada “Kunjungan Kerja PB ISMAPETI 2012-2014 ke Wilayah 4

  1. Jayalah Ismapeti,,,Jayalah Peternakan Indonesia,,

    #Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s