TIMPI BAMPI ISMAPETI Wilayah I di Universitas Jambi

mahasiswa bersama masyarakat menanam rumput

mahasiswa bersama masyarakat menanam rumput

ISMAPETI Wilayah I sukses menyelenggarakan Temu Ilmiah dan Bakti Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah I (TIMPI-BAMPI Wilayah I) di Universitas Jambi (Jumat-Selasa, 23-27/3). Kegiatan meliputi Pembukaan, Seminar Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Bakti Mahasiswa Peternakan, Kampanye Gizi dan Studi Wisata di Jambi.

Pembukaan diisi dengan Kegiatan Malam Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Sepucuk Jambi Sembilan Lurah adalah slogan Provinsi Jambi. Kegiatan Pembukaan dihadiri oleh Ketua Umum PB ISMAPETI, PB ISMAPETI Bidang Informasi dan Komunikasi, Kordinator Wilayah I, dan Pengurus Wilayah. Institusi Wilayah I yang hadir meliputi Univesitas Sumatera Utara Medan, Universitas Andalas Padang, mUniversitas Bengkulu, Universitas Muara Bungo Jambi, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Jambi.

Seminar Nasional dibuka oleh Ketua Bappeda Provinsi Jambi, Rektor Universitas Jambi dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jambi. Hadir sebagai Pembicara Nasional, Ketua Bappeda, Sekjen PB Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI), dan Pengusaha Sapi Potong di Jambi. Lebih dari 100 mahasiswa memadati ruang seminar di Rektorat Jambi. Ketua Bappeda Provinsi Jambi menyampaikan potensi Jambi dibidang Peternakan sangat tinggi. “Jambi memiliki potensi Kelapa Sawit dan Karet yang menghasilkan limbah, dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak,” ungkapnya. Sektor usaha peternakan berpotensi untuk membantu Indonesia mencapai Swasembada Daging 2014. Sekjen PB ISPI juga mengatakan perlu pemantapan di sektor on farm yang hanya memberikan pemasukan 9% dalam bisnis peternakan. Sisanya dari off farm I yaitu pakan, obat-obatan dan sapronak. Off farm II berupa produk peternakan juga memberikan pemasukan tinggi terhadap bisnis peternakan.

kondisi jalan lokasi BAMPI ISMAPETI Wilayah I

kondisi jalan lokasi BAMPI ISMAPETI Wilayah I

Bakti Mahasiswa Peternakan dilaksanakan di Kelurahan Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Daerah dengan kondisi jalan yang cukup menantang dipilih oleh Panitia sebagai lokasi Bakti Mahasiswa Peternakan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi penanaman rumput Setaria dan penyuluhan mengenai pakan ternak kepada kelompok tani ternak. Hadir dalam kegiatan Asisten III mewakili Bupati Tanjung Jabung Timur, Sektretaris Dinas Peternakan Kabupaten, Camat, Lurah Kelurahan Sabak, Pembantu Dekan III dan  perwakilan Dosen dari fakultas Peternakan Unja.

Kampanye Gizi merupakan kegiatan rutin ISMAPETI. Pada kegiatan ini dilaksanakan di SD No.41 Muaro Jambi. Sekitar 216 Siswa SD diberikan Susu Segar, Milkuat dan Telur Puyuh. Seluruh Siswa/i sekolah dasar tampak semangat dan antusias dalam mengikuti setiap agenda yang dilaksanakan peserta TIMPI BAMPI Wilayah I Sumatera. Masing-masing peserta memberikan motivasi belajar melalui permanian dan yel-yel yang sangat menarik. Hadir dalam kegiatan kampanye gizi yaitu Kepala Dinas Pendidikan Muara Jambi dan jajarannya serta pihak sekolah dasar. Mereka berharap kampanye gizi seperti ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan konsumsi hewani siswa-siswi di SD No.41 Muara Jambi. SD No.41 Muara Jambi terletak dekat dengan Kawasan Wisata Candi Muara Jambi.

Kampanye Gizi di SD 41 Muara Jambi

Kampanye Gizi di SD 41 Muara Jambi

Lomba Karya Tulis Mahasiswa Peternakan diikuti oleh 10 finalis mahasiswa. Setiap Mahasiswa mempresentasikan karya tulisnya dihadapan dewan juri. Dewan juri selanjutnya memilih 5 terbaik dari 10 finalis. Juara pertama diraih oleh Universitas Jambi, juara kedua dari Universitas Andalas, juara ketiga dari Universitas Sumatera Utara Medan, diikuti juaran keempat dan kelima berturut-turut dari Universitas Bengkulu dan Universitas Sumatera Utara Medan. PBISMAPETI.

2 pemikiran pada “TIMPI BAMPI ISMAPETI Wilayah I di Universitas Jambi

  1. yang juara ketiga dari universitas sumatera utara jg mas yg tepatnya di medan bukan universitas medan… (agak direvisi ya ^^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s