ISMAPETI dan IMAKAHI Bakti Desa di Candi Wulan Kebumen

ISMAPETI bersama IMAKAHI, Bem Fapet UGM, Bem FPP Undip, dan Bem Fapet Unsoed (Jumat-Minggu, 9-11/3) melakukan Bakti Desa di Desa Candi Wulan, Kebumen. Kegiatan diisi oleh penyuluhan dan pembuatan pakan ternak, pupuk kompos dan manajemen kesehatan ternak.

Kegiatan awal dibuka oleh Perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen, Kepala Desa Candi Wulan, serta Kelompok Tani Ternak setempat. Pengembangan Desa Candi Wulan merupakan wujud realisasi program pemerintah dalam pengembangan desa di Indonesia. Desa Candi Wulan memiliki 3 Kelompok Tani Ternak (KTT). KTT Harum, Sekar, dan Mekar. Kegiatan yang dicetus oleh tim pemasaran atau pengembangan desa ini bertujuan untuk menambah wawasan peternak. Dari penyuluhan, peternak dapat mengetahui cara beternak yang baik, menguntungkan dan sehat.

  ISMAPETI memberikan penyuluhan mengenai pembuatan pakan ternak alternatif yaitu Burger Pakan. Burger Pakan awalnya adalah produk cetusan Fakultas Peternakan UGM dalam rangka penyelamatan sapi-sapi pasca erupsi gunung Merapi. Burger pakan dipilih sebagai program utama karena potensi Desa Candi Wulan dalam pemanfaatan jerami sangat besar. Masih banyak petani di sekitar Kebumen yang membakar jerami ataupun membuangnya. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik. Jerami dapat dijadikan pakan ternak bergizi dan menguntungkan.

Limbah pertanian ini memiliki kandungan serat yang tinggi tetapi nilai gizi rendah. Dengan perlakuan burger pakan jerami padi dapat ditingkatkan nilai nutrisinya. Dalam burger pakan, jerami padi digunakan sebanyak 60-70%, ditambahkan Pollard/dedak gandum 20-30% dan penambahan Mikrobia dan Molases sebanyak 10%. Burger pakan dapat disimpan selama 6 bulan.

  Selain membuatan Burger Pakan. ISMAPETI memberikan penyuluhan dan praktek pembuatan pupuk organik padat. Desa Candi Wulan berencana akan membuat kandang komunal sapi potong. Sehingga perlu ditingkatkan manajemen limbahnya. Kepala desa dan kelompok tani ternak berharap Desa Candi Wulan menjadi Desa Peternakan yang Zero Waste atau tanpa membuat polusi. Kegiatan awalan ini dapat memantik semangat peternak untuk mengolah limbah peternakan untuk digunakan pendukung pertanian.

Tim dari IMAKAHI memberikan penyuluhan mengenai Manajemen Kesehatan Ternak. Manajemen Kesehatan adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam proses pemeliharaan. Mulai dari penyediaan pakan, reproduksi hingga sapi di jual perlu dimantapkan kesehatan sapi potong. Jika diabaikan, peternak akan mendapatkan keuntungan yang sangat sedikit. Melalui penyuluhan ini, tim IMAKAHI mengajak peternak untuk aktif dalam penanganan kesehatan ternak terutama masalah reproduksi. Masyarakat sangat tertarik untuk membahas permasalahan kesehatan reproduksi. Belum adanya pencatatan data kesehatan ternak menjadi hambatan dalam identifikasi kesehatan. Sehingga tim penyuluh merekomendasikan membuat catatan reproduksi atau kesehatan ternak yang tersedia di kandang.

Kegiatan selama 3 hari ini berlangsung santai dan akrab. Peternak di Desa Candi Wulan sangat aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Warga menginginkan kegiatan ini berlanjut dengan baik. Sehingga cita-cita Desa Candi Wulan sebagai Kampung Ternak dapat tercapai. PB ISMAPETI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s