Profil ISMAPETI Wilayah IV


Wilayah IV terdiri dari Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Tribuana Tungga Dewi, Universitas Kanjuruhan, Universitas Islam Lamongan, Politeknik Negeri Jember. Di Pulau Madura terdapat Universitas Madura. Tidak hanya di Pulau Jawa, Wilayah IV juga terdapat Universitas Lambung Mangkurat di Kalimantan. Universitas Udayana Bali. Bagian Nusa Tenggara diwakili Universitas Mataram dan Universitas Nadhatul Wathan. Beberapa universitas tersebut telah bergabung sejak lama kegiatan-kegiatan ISMAPETI. ISMAPETI terus berkoordinasi untuk merangkul beberapa universitas di wilayah IV yang belum aktif dalam kegiatan ISMAPETI.

Sistem koordinasi Wilayah IV terbilang cukup banyak tantangan. Salah satunya adalah faktor letak universitas yang sangat berjauhan. Antara Pulau Jawa, Pulau Madura, Pulau Kalimantan, Pulau Bali, dan Pulau Nusa Tenggara. Komunikasi antar anggota merupakan salah satu kunci keberhasilan pengurus dalam mengadakan kegiatan.Sama seperti pengurus di wilayah lainnya. Komunikasi tiap anggota melalui pesan singkat, telpon dan jejaring sosial. Teman-teman wilayah IV memiliki grup di Facebook untuk memfasilitasi seluruh mahasiswa di Wilayah IV.

Wilayah IV memiliki banyak potensi peternakan yang bisa dikembangkan. Daerah Bali- Nusa Tenggara misalnya, Koridor ekonomi Indonesia kedepan akan menjadikan Bali-Nusa Tenggara sebagai pintu gerbang pariwisata Indonesia dan Pendukung Pangan Nasional. Pendukung pangan nasional berarti Peternakan menjadi salah satu yang diunggulan di daerah tersebut. Bali memiliki Sapi Bali yang unggul untuk penyediaan daging di Indonesia. Perlu adanya kajian lintas sektoral dan pengembangan lainnya agar terwujud swasembada daging dari sapi lokal. Begitu pula daerah Nusa Tenggara yang memiliki sapi Sumbawa, kerbau Sumbawa dan kuda Sumbawa yang potensial untuk dikembangkan. Tidak hanya sebagai pangan tetapi potensi pariwisata.

Kalimantan juga memiliki Itik Alabio yang cantik. Kebudayaan yang berkaitan tentang ternak juga dimiliki oleh Madura yaitu Karapan Sapi dan Kontes Kecantikan Ternak. Daerah Jawa Timur juga sangat potensial dalam pengembangan peternakan baik sapi  perah, perunggasan, sapi potong, hingga industri pakan ternak dan obat hewan. ISMAPETI berharap dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan peternakan. Menciptakan iklim berkegiatan Mahasiswa yang baik dengan cita rasa peternakan yang menyentuh dan berkelanjutan.

Baru-baru ini wilayah IV selesai mengadakan hajatan besar Musyawarah Wilayah IV di Universitas Islam Lamongan. Selanjutnya pengurus wilayah IV mengadakan Rapat Kerja Wilayah di Universitas Mataram bersamaan dengan agenda besar Nasional yaitu Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI 2012) pada bulan mei nanti. Dalam Rapat Kerja tersebut akan muncul ide-ide segar dalam membuat kegiatan 2 tahun kepengurusan wilayah IV. Selamat Berkontribusi untuk Peternakan Indonesia!

Pengurus Wilayah IV

Koordinator Wilayah : Agung Irawan (UMM)

Sekretaris : M.Busiri (UNIRA)

Bendahara: Wenny L (UNISLA)

Bidang Infokom: Budi Rahmat –Koordinator (UNLAM), Yayan Nurdiansyah (POLIJE)

Bidang Kaderisasi: M.Iqbal –Koordinator (UB), Okky Susanto (UMM)

Bidang Keilmuan dan Keprofesian: Cokorda Bagus D P M –Koordinator (UNUD), Romansyah (UNRAM)

Bidang Kerjasama antar Lembaga: Handoko –Koordinator (UNISLA), Putri Andini (UNUD), Abdul Hamid (UNRAM)

MP Wilayah: Aditya Ranangga Putra (UNUD), Ahmad Munjizun (UNRAM)

2 pemikiran pada “Profil ISMAPETI Wilayah IV

  1. kak, sy mahasiswa fapet unisma ingin bergabung di ISMAPETI WIL.IV
    Gmana ya caranya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s