Universitas Islam Lamongan Sukses Menyelenggarakan Musyawarah Wilayah IV

Sebagai upaya untuk merefleksi organisasi, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) wilayah IV menyelenggarakan musyawarah wilayah ke-XI. Bertempat di Universitas Islam Lamongan (04-06/02), kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa yang berasal dari BEM Fakultas Peternakan berbagai universitas asal Jawa Timur, Bali, NTB dan Kalimantan Selatan. Agenda dasar dari acara muswil ini yaitu laporan pertanggungjawaban, evaluasi kinerja dan organisasi, rekomendasi dan sikap Muswil serta pemilihan koordinator wilayah IV ISMAPETI. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Bupati Lamongan, Anggota DPR RI dan Sekda Lamongan. Dalam sambutannya, Wagub Jawa Timur, Syaifullah Yusuf menyatakan, peternakan merupakan salah satu sektor utama untuk mendongkrak perekonomian rakyat disamping sektor perdagangan dan sektor industri olahan.

Lebih lanjut, berbicara isu global yang saat ini menjadi perbincangan dunia adalan krisis energi dan pangan. Dalam hal itu, peternakan merupakan sektor yang strategis untuk mengatasi masalah tersebut. Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Ipul tersebut juga menyoroti tiga masalah utama dari bidang peternakan yang harus diselesaikan antara lain masalah pengendalian polulasi, pakan dan kesehatan.

Sementara itu, menjelang proses musyawarah untuk melakukan pemilihan calon koordinator ISMAPETI Wilayah IV, telah dilakukan kualifikasi calon yang nantinya akan menjadi pioner dalam memajukan ISMAPETI. Setelah melalui rangkaian acara persidangan dan pemilihan, terpilih Agung Irawan sebagai ketua umum ISMAPETI Wilayah IV untuk periode 2011-2013 mendatang.

Mahasiswa yang kuliah di UMM tersebut menyatakan bahwa ia bertekad untuk memperbaiki dan melebarkan sayap organisasi tersebut. Menurutnya, ISMAPETI adalah organisasi yang besar, ISMAPETI seharusnya tidak lagi terfokus pada permasalahan internal organisasi namun harus selangkah lebih maju. Mengenai pertama kali yang dilakukan, Agung mengaku akan merapikan administrasi dan pemetaan program serta sumber daya manusia. Sementara dalam masa bhaktinya ini, ada tiga hal urgent yang harus segera dilakukan yaitu penataan managerial organisasi, konsolidasi dan memperluas jaringan. Terkait tentang managemen organisasi meliputi kaderisasi dan pemetaan SDM serta alat organisasi, hal itu mengingat posisi pengurus harian yang berjauhan lokasi. Sementara bentuk konsolidasi yang dilakukan yaitu secara vertikal dan horizontal, eksternal serta internal yang berkaitan dengan pengembangan organisasi dan menjadikan ISMAPETI lebih dikenal dan dibanggakan. Selain itu, untuk menunjang berbagai program, kegiatan dan peningkatan keilmuan mahasiswa peternakan di wilayah IV, akan dilakukan pengembangan jaringan baik kerjasama dengan stakeholder, pemerintah maupun swasta.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan mengenai target kepemimpinan periode ini adalah ISMAPETI mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan keilmuan dan bakti masyarakat dibeberapa daerah. Ia berharap, kemandirian organisasi juga akan terwujud serta mendapat support dari dukungan berbagai pihak. “Saya rasa antara pihak mahasiswa, pihak swasta, perusahaan maupun pemerintah adalah komponen yang saling membutuhkan, ketika ketiganya saling mendukung, saya yakin program masing-masing pihak juga akan tercapai,” ungkap mahasiswa asal Kota Nganjuk tersebut.  Agung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s