TIMPI 2012


Peternakan memiliki posisi yang strategis untuk mendukung Indonesia dalam mencapai kemandirian ekonomi nasional. Beberapa tantangan dalam dunia peternakan meliputi kuantitas dan kualitas bibit/benih ternak lokal yang masih rendah. Belum dimaksimalkannya potensi ruminansia dan non ruminansia yang berbasis sumberdaya lokal, manajemen beternak untuk mencegah penyakit, dan penyediaan pangan hewani yang sehat dan halal juga menjadi tantangan yang serius. Terakhir, jumlah generasi penerus yang peduli akan peternakan Indonesia makin berkurang sehingga tidak terciptanya agroindustri perdesaan yang baik.
Berbagai macam tantangan dalam pembangunan peternakan Indonesia yang berdaya saing dan swasembada diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan yang berkualitas. Salah satu keunggulan negera-negara maju seperti Amerika dan Eropa Barat walau mengalami perlambatan ekonomi tetapi tetap melakukan berbagai terobosan ilmu pengetahuan dan pengetahuan yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.
Dari Sabang hingga Pulau Rote berisi pulau-pulau terbaik yang dimiliki Indonesia menyimpan sumberdaya ternak lokal yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Potensi sumber daya lokal Indonesia yang luar biasa ini merupakan kesempatan emas bagi ilmuwan atau civitas akademika untuk melakukan terobosan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dengan adanya terobosan ilmu pengetahuan tersebut dapat membantu masyarakat Indonesia secara keseluruhan lebih baik dan sejahtera.
Oleh karena itu, Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia bermaksud mengadakan program kegiatan nasional dua tahunan, “Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia (TIMPI) 2012”. Pada tahun 2012 ini dipilih Fakultas Peternakan Universitas Mataram Lombok Nusa Tenggara Barat. Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Peternakan Indonesia Berdaya Saing Berbasis Sumberdaya Lokal” , kami berharap dapat memberikan masukan besar untuk pembangunan peternakan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s