ISMAPETI di Malaysia

Akhir bulan juni, saya berkesempatan untuk mampir di University Putra Malaysia. Berkunjung ke Fakulti Pertanian Jabatan Sains Haiwan (Jurusan Peternakan) UPM dan bertemu dengan rekan-rekan sesama belajar mengenai peternakan di UPM. Narsis bentar di depan rektorat UPM buat mengibarkan bendera ISMAPETI.

ISMAPETI di Malaysia

Sekilas mengenai pendidikan peternakan di UPM. Walaupun masuk dalam Fakultas Pertanian, fasilitas belajar yang disediakan oleh UPM cukup lengkap. Seluruh komoditas bisa dipilih sesuai minat mahasiswa. Mulai dari nutrisi hingga teknologi pengolahan produk peternakan.

Bersama Teman-Teman Peternakan Malaysia

Fasilitas penelitian yang dapat digunakan mahasiswa juga cukup lengkap dan representatif.  Hal ini mendukung tercapainya sistem belajar yang baik. Sebagai contoh, terdapat kambing yang difistula lengkap dengan metabolisme cage. Mempermudah proses penelitian mahasiswa. Sapi diletakkan di ladang umbaran yang sangat luas.

Kambing Fistula di Kandang Metabolisme

Menariknya lagi adalah terdapat tempat latihan berkuda bagi mahasiswa. Ada beberapa kuda pacuan yang dapat digunakan untuk latihan. Semua mahasiswa diberikan kemudahan untuk meggunakan kuda-kuda yang dipelihara.

Ladang Peternakan UPM

Salah satu titik point pembelajaran di peternakan adalah praktek di lapangan. Lengkapnya fasilitas dan kemudahan mengakses untuk belajar merupakan faktor pendukung pembelajaran yang baik. Mahasiswa belajar mantap di universitas dan kemudian siap untuk diterapkan di Masyarakat.

Itu cerita saya dari Malaysia. cerita kamu? Kirimkan cerita seru teman-teman seputar kampus atau kondisi peternakan di daerah, nasional, maupun internasional ke email: ismapeti@gmail.com. Sertakan foto-foto (jika ada). Cerita akan diatur oleh admin dan diterbitkan melalui Blog ISMAPETI.  Berkarya Untuk Peternakan Indonesia. Salam Peternakan.

Satu pemikiran pada “ISMAPETI di Malaysia

  1. Assalamualaikum. Kami dari UKM CBC Fapet Unpad, ingin meminta tolong mengenai kontak anak-anak Ismapeti yang ada. Bisa dikirim ke email awutami17@yahoo.co.id karena kami membutuhkan data tersebut. Terimakasih.

Tinggalkan komentar