Sehat Makan Telur

Salah satu hal yang memikat dari Thailand selain pariwisata adalah makanannya. Makanan di Thailand punya rasa khas, manis dan pedas. Masakan khas seperti Pad Thai, Tom Yam, Khaw Soi Kai, dan lain sebagainya dapat ditemui di pasar atau walking street. Menariknya lagi adalah rata-rata penduduk Thailand suka makan telur. Dimana-mana ada telur.

Panen Telur di Fakultas Peternakan Universitas Maejo Chiang Mai

Konsumsi telur di Thailand bisa dibilang cukup tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Data menunjukkan tingkat konsumsi telur tahun 2004 di Thailand sebanyak 9.9 kg/kapita/tahun sedangkan Indonesia 4.4 kg/kapita/tahun. Parahnya lagi, Menurut Data FAO (Organisasi pangan dunia) tahun 2006 konsumsi telur masyarakat Indonesia hanya 67 butir/kap/tahun. Masih tertinggal jauh dengan Thailand dan beberapa negara lain di ASEAN.

Keuntungan mengkonsumsi telur juga banyak di ulas dalam berbagai jurnal dan artikel. Nggak Cuma keuntungan, kerugiannya juga diulas. Sesuatu yang diciptakan pasti tidak ada yang sempurna, selalu ada kekurangan dan kelebihan.

Pad Thai

Harga telur ayam di Thailand rata-rata sama dengan harga telur di Indonesia. Satu butir telur diberi harga 2 Baht. Jadi satu telur sekitar 600 rupiah. Tidak terlalu mahal. Rata-rata masyarakat membeli telur satu rak penuh berisi 30 telur/rak. Di Indonesia juga sangat mudah menjumpai telur tetapi tidak didukung dengan daya beli yang memadai.

Tugas kita adalah memperbaiki gizi bangsa Indonesia untuk berpikir, bekerja dan melakukan kebaikan untuk kesejahteraan bangsa dan negara. Bangsa yang maju adalah bangsa yang kuat pangan dan manusianya.

Sudahkan anda makan telur hari ini?

Ini cerita kita. Apa cerita kalian? Kirimkan cerita-cerita menarik teman-teman seputar dunia peternakan melalui alamat email: ismapeti@gmail.com. Cerita-cerita yang masuk akan diperiksa dan diterbitkan di blog pbismapeti. Selamat berbagi.

Salam Peternakan! Yogi Sidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s